Tentang Sukarnopedia

Selamat datang di Sukarnopedia, ensiklopedia tentang Presiden Pertama Republik Indonesia, Sukarno. Sebagai Bapak Bangsa, Sukarno adalah milik kita. Dus, setiap anak bangsa, tanpa kecuali, dipersilakan berkontribusi tentang a-to-z Sukarno.

 

Sukarnopedia adalah ensiklopedia khusus tentang Sukarno, Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, yang dimulai pada 1 Juni 2016 (versi bahasa Indonesia). Artikel-artikel yang ada di Sukarnopedia merupakan artikel yang tersebar dan tercecer di berbagai khasanah liraratur. Sebagian di antaranya, hasil kontribusi insan Sukarnois yang berbaik hati mendedikasikan pengetahuannya tentang Sukarno.

Pada prinsipnya, situs ini terbuka bagi penyuntingan, revisi, atau penambahan informasi. Silakan bergabung menjadi member, kemudian ikuti petunjuk penyuntingan, penambahan, atau perbaikan artikel melalui pranala yang kami sediakan.

Yayasan Aku dan Sukarno yang menaungi Sukarnopedia ini, menghimpun anggota atas asas kesukarelaan, kekeluargaan, dan kejujuran. Anggota diharapkan aktif memberi masukan dan berkontribusi berupa tenaga, pikiran, dan waktu. Apabila Anda cenderung mendukung upaya kami dengan dana, kami sarankan Anda menyumbang.

Sukarnopedia merupakan merek paten dari Yayasan Aku dan Sukarno. Di Yayasan Aku dan Sukarno, selain proyek Sukarnopedia, juga mengerjakan proyek lain seperti penerbitan buku, penyebaran informasi, maupun kegiatan lain yang bermuara pada penyediaan ruang ekspresi kreatif anak bangsa.

Gagasan Sukarnopedia sudah mengendap sejak tahun 2015 di benak pendirinya, Roso Daras, dan dikomunikasikan secara intens dengan Handang Soekarno dan Decy C. Widjaja. Di bidang IT, mereka dibantu oleh Sukarja. Saat mula, Sukarnopedia hanya digawangi oleh kurang dari 10 orang. Jumlah ini terus meningkat melalui sosialisasi berbagai media.

Semua teks dalam Sukarnopedia, dapat dikutip secara gratis dan memungkinkan untuk direproduksi, sepanjang tidak melanggar katentuan perundang-undangan yang berlaku.